LENTERA JIWA adalah PASSION. Hal Yang Sangat Kita Sukai, Suatu Pekerjaan Atau Kegiatan Yang Menimbulkan Kepuasan Tersendiri Bagi Kita, Meskipun Sering Kali Menguras Waktu & Tenaga Itulah LENTERA JIWA Kita. Apakah Kamu Sudah Menemukan LENTERA JIWA-mu?

ANTARA - Terkini

I. PERAN INTERNET DALAM DUNIA BISNIS

Seperti sama- sama kita ketahui kecanggihan teknologi tidak dapat kita pungkiri lagi, masyarakat kita saat ini sudah menggunakan teknologi untuk menyelesaikan pekerjaannya.
Peran internet dalam kehidupan masyarakat mempunyai banyak manfaat seperti menjalin pertemanan lewat jaringan sosial sampai pada mencari keuntungan lewat bisnis online.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet. Secara garis besar dapat dikatakan bahwa :
1) Teknologi Informasi dapat menggantikan peran manusia. Dalam hal ini teknologi informasi melakukan otomatisasi terhadap suatu tugas atau proses
2) Teknologi memperkuat peran manusia, Yaitu dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas atau proses
3) Teknologi Informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia
Teknologi berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses.
Adanya Internet mendobrak batasan ruang dan waktu. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses pasar Amerika dibandingkan dengan perusahaan di Eropa, atau bahkan dengan perusahaan di Amerika. Dahulu hal ini mungkin akan sulit dilakukan karena perusahaan lokal akan memiliki akses yang lebih mudah kepada pasar lokalnya. Perlu diingat, hal yang sebaliknya (perusahaan luar mengakses pasar Indonesia) dapat juga dilakukan dengan mudah. Jika hal ini tidak mendapat perhatian, maka pasar dalam negeri kita akan dijarah oleh perusahaan asing.
Aplikasi Internet dalam mendukung dunia bisnis, Internet muncul sebagai hasil dari menyatunya (konvergensi) antara Teknologi Informasi (TI) dan Telekomunikasi. Perkembangan internet tidak terlepas dari keberadaan penyedia jasa internet (internet sevice provider atau ISP). Fungsinya adalah sebagai penghubung antara pengguna internet dengan internet dunia (ISP Global). Internet merupakan sebuah protocol komunikasi yang memungkinkan seluruh computer diseluruh dunia dapat berkomunikasi. Cara koneksi internet dapat melalui Dial-Up dan jaringan computer dengan LAN.
Dial-Up yaitu koneksi ke internet dengan memanfaatkan line telepon
Jaringan computer dengan LAN
Internet adalah kumpulan dari LAN-LAN. Jika LAN dimana computer kita terhubung dengan LAN lain ditempat yang lain maka kita bias langsung terkoneksi dengan Internet. Untuk terkoneksi dengan internet computer diberi IP address Gateway. IP address adalah alamat computer tersebut sedangkan Gateway adalah pintu keluar untuk koneksi ke Internet.

Tidak ada komentar:

Share

Share |