LENTERA JIWA adalah PASSION. Hal Yang Sangat Kita Sukai, Suatu Pekerjaan Atau Kegiatan Yang Menimbulkan Kepuasan Tersendiri Bagi Kita, Meskipun Sering Kali Menguras Waktu & Tenaga Itulah LENTERA JIWA Kita. Apakah Kamu Sudah Menemukan LENTERA JIWA-mu?

ANTARA - Terkini

PERANAN DAN FUNGSI LAPORAN KEUANGAN DALAM PERUSAHAAN

Pada awalnya laporan keuangan pada suatu perusahaan hanyalah sebagai ‘alat penguji’ dari pekerjaan bagian pembukuan, tetapi untuk selanjutnya laporan keuangan tidak hanya sebagai alat penguji saja tetapi juga sebagai dasar untuk dapat menentukan atau menilai posisi keuangan perusahaan tersebut. Jadi untuk mengetahui posisi keuangan suatu perusahaan serta hasil- hasil yang telah dicapai oleh perusahaan tersebut perlu adanya laporan keuangan dari perusahaan yang bersangkutan.


Pada dasarnya laporan keuangan adalah hasil dari proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antara data kauangan atau aktivitas suatu perusahaan dengan pihak- pihak yang berkepentingan dengan data atau aktivitas perusahaan tersebut. Disamping itu laporan keuangan dapat digunakan oleh managemen untuk:

1. Mengukur tingkat biaya dari berbagai kegiatan perusahaan,

2. Untuk menentukan/ mengukur efisiensi tiap- tiap bagian, proses atau produksi serta untuk menentukan derajat keuntungan yang dapat dicapai perusahaan yang bersangkutan,

3. Untuk menilai dan mengukur hasil kerja setiap individu yang telah diserahi wewenang dan tanggungjawab,

4. Untuk menentukan perlu tidaknya digunakan kebijaksanaan atau prosedur yang baru untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Dalam hubungannya dalam analisa laporan keuangan tersebut manager merupakan ‘orang dalam’, orang yang dapat menggunakan data keuangan apapun yang ada didalam perusahaan, dan hasil analisanya sepenuhnya untuk kepentingan perusahaan yang bersangkutan. Oleh karena itu analisa yang dilakukan oleh management tersebut disebut ‘analisa intern’.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Apakah disetiap perusahaan harus ada direktur keuangan?

Share

Share |